20 November 2020

, , , ,

Cara Alternatif Login Info GTK Lewat Login SSO (Info GTK Error tidak bisa tampil)

Sahabat pembaca Info PPPK, terutama untuk GTT PTT, seperti kita ketahui, sekarang ini sangat sulit sekali untuk melakukan login di info GTK baik untuk melakukan verval ijazah untuk persiapan seleksi PPPK ataukah untuk mengecek apakah mendapat Bantuan Subsidi Upah dari pemerintah karena saking banyaknya yang mengakses. Selain login langsung lewat https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ sebenarnya ada alternatif lain untuk melihat info GTK. Namun cara ini belum tentu berhasil ya, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Login Lewat SSO PTK Dapodik

1. Klik alamat url berikut https://sso.datadik.kemdikbud.go.id/app/4031C604-124C-4057-8631-99E0152C4C70

2. Login dengan akun dapodik anda.



3. Klik Login sesuai penugasan


4. Tunggu proses autentikasi sampai selesai


5. Setelah itu lembar Data PTK akan terbuka


6. Setelah masuk ke akun PTK Anda, klik tab Biodata, biasanya mulailah muncul loading yang lama. Untuk membukanya saya sarankan buka lebih dari satu tab, bisa 3 atau 4 tab dan paste alamat url berikut https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/app/#/bio, dari beberapa tab yang kita buka, biasanya ada 1 atau 2 yang terbuka, close semuanya, sisakan satu saja tab yang dapat membuka laman web dengan sempurna.

7. Di bagian bawah Identitas PTK, pada menu Info GTK klik Buka Info GTK, klik beberapa kali sampai beberapa tab muncul. Pilih yang dapat terbuka dengan sempurna dan close yang tidak bisa loading.

8. Jika terjadi 502 Bad Gateway (Error terjadi disisi server), ulangi lagi pada kesempatan yang lain, karena berarti server sedang dalam proses maintenance atau overload.


9. Jika info GTK belum terbuka dengan sempurna seperti di bawah ini jangan putus asa untuk terus mencoba sampai berhasil. Kemungkinan disisi server sedang dilakukan proses maintenance ataupun down (overload) karena banyaknya pengunjung. Jika belum juga berhasil, coba di waktu yang lain. Jangan lelah untuk selalu mencoba dan selalu berdoa agar diberi kelancaran dan kemudahan.



10. Waktu yang tepat untuk akses Info GTK
Waktu yang tepat untuk melakukan akses juga harus kita perhatikan, jika kita cek info GTK pada waktu yang tidak tepat hasilnya pasti akan nihil, yang didapat hanya tulisan This site can't be reached atau bahkan 502 Bad Gateway . Nah, pengalaman waktu yang tepat untuk cek info GTK itu :
  • Malam hari di atas jam 10 malam
  • Sebelum atau sesudah waktu sholat subuh
  • Pagi sebelum jam kerja
  • Sore hari sesudah jam kerja
  • Situs tidak sedang dalam perbaikan (maintance)
Selamat mencoba semoga berhasil.



Share: