06 Juli 2020

, , ,

Anggota Komisi II DPR RI Hugua minta kepada MenPAN-RB agar ada roadmap penyelesaian tenaga honorer K2



Sahabat pembaca Info PPPK, sudah tahukah anda bahwa menyangkut pesoalan tenaga honorer K2, Anggota Komisi II DPR RI Hugua menyambut baik langkah BKN yang telah melakukan pengangkatan tenaga honorer K2 sebanyak 51.293 orang. Ia memaparkan, ada satu (kejadian) yang menarik, dimana ada seorang tenaga honorer K2 yang terpilih untuk diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang saat ini usianya sudah 57 tahun akan masuk ke umur 58 tahun, artinya begitu ia diangkat menjadi PPPK ia akan langsung dipensiunkan.

“Kami senang sekali, seperti penjelasan BKN tadi bahwa tinggal Perpres yang berkaitan dengan gaji. Dan saya minta kepada MenPAN-RB agar ada roadmap penyelesaian tenaga honorer K2 yang jumlahnya 430 ribu orang. Saya kira kalau bisa di-roadmap kan selama 6 tahun penyelesaiannya, tentu ini menjadi salah satu langkah sebelum UU ASN nanti kita sempurnakan seperti apa polanya,” terangnya.

Paling tidak, lanjut Hugua, kalau 51 ribu (tenaga honorer K2) pertahun diselesaikan menjadi PPPK, dan ini diserahkan kepada pemerintah daerah, penyelesaiannya akan lebih ringan. “Jadi bukan beban pemerintah pusat, tetapi beban pemerintah daerah. Di samping (bidang) guru dan tenaga kesehatan, tenaga administrasi juga penting untuk dipikirkan dan diselesaikan melalui sistem PPPK,” ujar politisi Fraksi PDI Perjuangan itu. 

Berita ini bersumber dari DPR
Share: